Opini  

Alasan Menkominfo Johnny G Plate Wajib 2 Peridoe

Harus diakui kalau Menkominfo Johnny G Plate termasuk dalam jajaran menteri kabinet Indonesia maju yang memiliki kinerja mumpuni. Sosok yang awalnya diragukan dalam mengemban misi kementrian komunikasi dan informatika (kominfo), justru sukses membawa kominfo maju pesat. Ditangan Johnny, kominfo tak lagi dipandang sebagai kementrian tukang blokir. Justru proyek raksasa, seperti satelit satria 1, 2 dan 3 sukses berada dalam genggamannya.

Tak hanya itu, kominfo mengukir sejarah lantaran sukses mentransformasikan televisi analog ke digital. Johnny juga mendorong percepatan jaringan 5G dan 1000 startup digital. Untuk edukasi masyarakat, Johnny juga gencar melakukan literasi digital dan menyediakan beasiswa talenta digital. Sampai kita tahu akhirnya dirinya ditunjuk presiden sebagai jubir Covid 19. Jadi, wajar kalau Johnny kemudian dianggap layak menjadi Menkominfo selama dua periode.

Akhir tahun kemarin Johnny juga mendapat penghargaan dari Obsession Media Group sebagai menteri dengan kinerja terbaik. Hal ini juga diamini mantan-mantan Menkominfo sebelumnya yang angkat dua jempol untuk Johnny. Hebatnya dengan segala prestasi yang mumpuni, dirinya tak tergoda untuk maju sebagai capres maupun cawapres. Padahal sudah ada kendaraan partai di belakang. Bandingkan dengan menteri BUMN yang sudah menebar spanduk dan baliho meski belum jelas parpol yang mau meminang.

Selain Johnny, beberapa menteri juga terlihat fokus dalam mengemban tugasnya. Seperi menteri PUPR, Basuki Hadimulyo, menteri Keuangan, Sri Mulyani, dan menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. Nama-nama tersebut juga layak menjadi menteri pasca 2024 mendatang. Saat para parpol dan menko ribut soal penundaan pemilu dan presiden 3 periode, kita tunjukan pada mereka bahwa jabatan menteri jauh lebih baik ketimbang jadi RI 1 lewat jalan yang salah. Orang seperti Johnny bagaikan jarum di dalam tumpukan jerami. Punya kendaraan politik dan kinerja mumpuni, tapi tak ada ambisi sama sekali untuk mencapreskan diri.

Andai saja semua menteri dan para pembantu Jokowi kini sibuk fokus pekerjaannya dan enggan korupsi, mungkin cerita kelangkaan migor tak akan pernah ada. Tak ada demo-demo yang memicu suara untuk melengserkan presiden dan sebagainya. Semua satu visi dan misi bersama presiden. Meski kita tahu hal ini sangat mustahil terjadi, setidaknya ada beberapa menteri yang sudah benar-benar menjalankan tugasnya. Mereka harus terus didukung sama halnya dukungan ke Jokowi. Karena lantaran menteri-menteri inilah nama Jokowi ikut baik.

Kalau masih ada suara sumbang meminta Johnny G Plate direshuffle di luaran sana. Dipastikan mereka adalah orang-orang yang tak mengikuti perkembangan kominfo terkini. Mereka tak tahu mengenai staelit satria, TV digital, progeam literasi digital, beasiswa talenta digital, UMKM digital, jaringan 5G, smart city, dan lainnya. Mereka tahunya Johnny erat dengan Nasdem yang kemungkinan hanya petugas partai. Padahal jauh di atas itu, Johnny adalah sosok yang tak kenal lelah membangun negeri. Dipundaknya ada cita-cita besar untuk memajukan ibu pertiwi. Jauh di atas itu semua, dirinya tak sedikitpun berambisi menjadi sosok nomor satu. Cukup mengabdi sebagai menteri dan ukir prestasi.

Semoga saja penerus Jokowi kelak bisa melanjutkan visi misi presiden untuk membangun negeri. Juga dengan tegas bisa memilih orang yang mumpuni untuk mengisi pos kementrian. Mau dari partai politik atau amasyarakat umum, yang penting bisa fokus mengabdi untuk nusa dan bangsa. Meski saat ini telah banyak kemajuan dibawah Jokowi, diharapkan kelak akan lebih banyak lagi pembangunan masif atau kecanggihan teknologi yang diciptakan.

Kita berharap Indonesia bisa menjadi salah satu negara maju dikemudian hari. Indonesia bisa bertransformasi ke dunia digital secara cepat lewat menteri yang tepat seperti Johnny. Juga pendidikan komunikasi kebangsaan yang digagas kominfo bisa segera diaplikasikan. Meski sering dianggap sebelah mata, nyatanya kementrian kominfo berkontribusi nyata bagi kemajuan bangsa. Bayangkan kalau pelaku UMKM sudah melek digital, mereka bisa mempromosikan produknya ke mancanegara dengan mudah.

Selain itu, kominfo di bawah Johnny G Plate juga sukses bersinergi dengan kementrian lainnya. Misalnya pada saat pandemi, kominfo bekerja sama dengan kementrian kesehatan, ekonomi dan BUMN menjaga masyarakat lewat Pedulilindungi. Dengan kementrian pendidikan, kominfo ikut membagikan prosedur pembelajaran tatap muka bagi anak didik. Dan diharapkan akan banyak sinergi antar kementrian di masa mendatang.

Akhirnya kita tahu, dibalik pemimpin hebat seperti Jokowi, ada orang-orang tulus yang bekerja keras demi kemajuan bangsa di belakangnya. Johnny G Plate telah membuktikan sebagai salah satu pembantu Jokowi yang kinerjanya semakin baik dari masa ke masa. Kita doakan saja, pengganti Jokowi kelak akan mempertimbangkannya untuk kembali menjabat sebagai menkominfo dan melanjutkan program-programnya saat ini.

Salam Indonesia Maju!

Referensi:

https://www.google.com/amp/s/m.medcom.id/amp/zNAX0z6K-johnny-g-plate-sabet-penghargaan-menteri-terbaik