“Ayo Bangkit Bersama” Kementerian Kominfo dalam Harkitnas untuk Transformasi Digital

114 tahun sudah kita berkomitmen sebagai bangsa untuk bangkit. Bagaimana Kominfo mengisi peringatan akan hal tersebut?

Harkitnas ala Kominfo
Harkitnas ala Kominfo

Peringatan Kebangkitan Nasional terus menjadi momentum bagi bangsa kita untuk terus memiliki semangat yang bergelora merespon perubahan zaman,m tak terkecuali Kominfo. Sama seperti semangat para pahlawan pengobar kebangkitan nasional yang digagas Buedi Oetomo, dikobarkan Bapak Proklamator Bangsa, Ir. Soekarno dan di masa kini siapa lagi yang harus mengelorakan di tengah zaman selain kita? 

Karena itu sangat tepat sekali tema yang diusung oleh Kemenkominfo dalam peringatan Kebangkitan Nasional di tahun 2022. Memperingati hari Kebangkitan Nasional ke-114 penulis mau mengutip Sambutan Kemenkominfo yaitu Pak Johnny Plate yang ada di laman Kemenkominfo. Lihat : https://www.kominfo.go.id/content/detail/41782/pedoman-peringatan-ke114-harkitnas-tahun-2022/0/pengumuman

Adalah sangat tepat sekali ketika Menkominfo Pak Johnny Plate menyatakan bahwa  “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. 

Ada penekanan dari Pak Johnny Plate bahwa sebagai bangsa yang memiliki akar sejarah historis yang kuat maka kita terus menilik ke awal munculnya Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini. Adalah Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia pada tanggal 20 Mei 1948. 

Sangat relevan sekali di masa itu dengan kondisi di masa sekarang. Jadi saat itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo lalu diadopsi oleh Ir. Soekarno  agar mejadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Sangat tepat bukan dengan kondisi bangsa sata ini yang dirongrong oleh ancaman ideologi yang mau memecah belah atau menyusup dengan berbagai bentuk. Ditambah lagi dengan dampak pandemic global yang sangat dirasakan di berbagai lini kehidupan bangsa.

Adalah anugerah dan rahmat Allah yang tetap merahmati bangsa kita sehingga di tengah menghadapo rongrongan dari dalam dan diterpa dengan pandemi tetapi bangsa kita terus solid, bertahan dan terus berjuang. 

Harkitnas
Hari Kebangkitan Nasional

Ini jelas menurut Menkominfo adalah sebagai buah usaha dari berbagai pihak yang semakin sigap dalam menangani setiap kasus, kesadaran masyarakat yang terus meningkat untuk saling menjaga dengan menerapkan protokol kesehatan serta pemerintah yang terus bekerja dalam pemulihan ekonomi nasional. 

Optimisme dimulai dari pemimpin bangsa itu menular dan mengurai segala bentuk pesimisme yang sempat melanda dan menghantui banyak pihak. Roda yang dulu terhenti kini perlahan bergerak, kita yang sempat terpuruk kini mulai bertindak. Kita perlu satukan tekad bersama demi bangkit kembali. 

Pada masanya, Dr Sutomo beserta para pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa – bangsa lain. Semangat dari kaum pelajar dan pendidik ini menjadi inspirasi luar biasa bagi segenap rakyat dan bangsa se-Nusantara. Semangat juang ini yang ditangkap Ir. Soekarno untuk dijadikan motor penggerak persatuan dan kesatuan bangsa untuk berjuang merespon tantangan zaman.

Mari kita mengadopsi semangat para pahlawan bangsa yang mencintai bangsa ini dan ingin bangs akita terus maju dan bergerak ke depan. Semangat juang yang juga terus bangkit, membebaskan diri dari pandemi yang diakibatkan Covid-19. KIta perlu bangkit khususnya dengan kondisi di era teknologi digital memberikan dampak dan kemajuan bagi bangsa kita.

Transformasi digital yang digaungkan selama ini dan digeber oleh Kemenkominfo menjadi program dan tujuan bersama untuk dicapai. Ini adalah era kolaborasi, era untuk bukan hanya berkompetisi tetapi saling mendukung satu dengan yang lain.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak masyarakat Indonesia terus bekerja sama dan bersinergi untuk meningkatkan perekonomian nasional Indonesia. 

“Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia,” kata Johnny dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Jumat (20/5).

Mantap, terus berjuang, bersingeri bersama dengan semangat “Ayo Bangkit Bersama’, menuju Indonesia Maju, Indonesia yang lebih baik. Merdeka!

____

Reyzha, pegiat literasi, pendukung tagar #WarasBernegara, #SayaSPARTAN