Ayo Manfaatkan Ruang Buku Kominfo

manfaatkan ruang buku kominfo

Kominfo kembali memanjakan sekaligus mencerdaskan literasi warga aka netizen di negeri kita dengan aplikasi yaitu Ruang Buku Kominfo atau RBK.

Nah, baru tahu kan? Jadi buat kalian yang demen baca buku terutama buku lokal, silakan mencicipi alias menjelajah aplikasi baru ini. Oh ya aplikasi ini dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) dan dapat diunduh baik via Android maupun IOS.

Melihat review pengguna aplikasi ini kelebihannya adalah koleksinya lengkap, buku-buku kekinian seperti yang ada di Gramedia Digital banyak tersedia di sini. Judul-judul seperti Laut Bercerita, Amba, Gadis Kretek, Lockwood & Co, dan banyak lagi, tersedia semua.

Lihat : https://www.mainmain.id/r/19366/ruang-buku-kominfo-aplikasi-baca-buku-gratis-dengan-koleksi-menarik

Kelebihan lain adalah karena aplikasinya masih baru, jadi antreannya nggak sebanyak aplikasi kayak iPusnas. Keuntungannya ya itu peluang dapat buku bagus lebih besar pluas canggihnya ada fitur notifikasi jika buku yang minati sudah tersedia. Keren kan?

Adanya perpustakaan digital RBK ini, menjadi punggawa tranformasi digital dalam mengembangkan tradisi literasi yang baik. RBK tak hanya menjadi perpustakaan untuk para sivitas Kemkominfo saja, namun perpustakaan digital ini juga dibuka untuk masyarakat umum, di mana siapa pun bisa mendaftar menjadi anggota perpustakaan, untuk meminjam serta membaca buku di mana saja dan kapan saja.

Sayangnya untuk masuk dan menjadi anggota Ruang Buku Kominfo butuh proses yaitu harus mengirim email.

Begini prosedurnya:

Kirimkan email dan Nama ke Email: perpustakaan@mail.kominfo.go.id dengan subjek “Pendaftaran Ruang Buku Kominfo”.

Akan ada email balasan dari Perpustakaan Kominfo berupa username/email dan password (paling lambat 1×24 jam hari kerja).

Unduh Ruang Buku Kominfo di Playstore/Appstore.

Masukkan email dan password. Klik buku yang ingin dipinjam dan klik pinjam. Selamat menikmati layanan Ruang Buku Kominfo.

‘Sobatkom’ juga bisa mengusulkan koleksi judul e-Book berikut nama pengarang (optional), ke email perpustakaan@mail.kominfo.go.id dengan subjek Usulan Koleksi e-Book Ruang Buku Kominfo.

Jadi perlu bersabar ketika mendaftar tapi tenang ada. Ada banyak benefit alias faedah yang lebih besar menanti. Kita bisa meminjam 3 buku dalam sekali peminjaman. Plus kita bisa mengajukan email permohonan untuk permohonan penambahan buku baru. Ibaratnya aplikasi ini sellau berkembang dan dinamis. So, selamat mencoba ya.