Bangga dengan Pernyataan Kominfo Soal Indonesia Peringkat 3 Global Skills Report 2022!

Hari senin lalu Kominfo melalui Johnny Plate menyampaikan gabar gembira bagi Indonesia. Salah satu platform pembelajaran online, Coursera menempatkan Indonesia sebagai peringkat ketiga dunia setelah Swiss dan Denmark. Ini menunjukkan bahwa negara kita sudah melek secara digital dan bisa melahap ilmu di dunia maya lewat MOOC (Massive Open Online Course). Semenjak pandemi kemarin, memang banyak masyarakat yang lebih sering mengakses pengetahuan dari internet. Termasuk saya yang beberap kali menamatkan kursus dan mendapat sertifikat dari edX, Coursera maupun kursus online lainnya.

Beberapa judul online learning yang saya pelajari di Coursera antara lain: Introduction to Algae, Large Marine Ecosystems: Assessment and Management, Circular Economy – Sustainable Materials Management, Wood Science: Beyond Building, dan Communicating Climate Change and Health. Semua kursus tersebut saya selesaikan dalam waktu satu hingga maksimal tiga bulan. Menariknya lagi Coursera memberi gratis sertifikat bagi kita yang mengajukan keringanan hingga nol rupiah. Bandingkan dengan MOOC lain seperti edX yang memberi potongan maksimum 90 persen. Artinya masih ada 10 persen yang harus kita bayar meski telah mengajukan keringanan.

Saya rasa pandemi corona telah menumbuhkan minat belajar dari rumah bagi masyarakat kita yang sempat terikat aturan PPKM. Dengan adanya WFH alias Work From Home dan belajar daring bagi anak sekolah, kebiasaan berselancar dan menimba ilmu di dunia maya semakin meningkat. Maka wajar jika Indonesia sebagai negara dengan pengguna internet yang cukup besar akhirnya menempati urutan ketiga dalam Global Skills Report 2022 yang dirilis Coursera.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan kabar baik mengenai prestasi  Indonesia di bidang digital. Menurut Menteri Johnny, prestasi  Coursera sebagai platform edukasi digital terbesar dalam Global Skills Report 2022, menempatkan Indonesia di urutan ketiga terbaik di dunia.

“Menurut laporan Coursera tahun 2022, Indonesia menempati peringkat ketiga Global Skills Report 2022 dari 102 negara pengguna Coursera. Peringkat kesatu diduduki Swiss dan peringkat kedua diduduki Denmark. Ini berita baik bidang talenta digital terkait dengan Global Skills Report tahun 2022 yang dipublikasikan oleh Coursera,” jelasnya dalam Konferensi Pers Indonesia Duduki Peringkat 3 Dunia dalam Coursera Global Skills Report 2022, di Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (27/06/2022).

Sebelumnya diberitakan bahwa Menkominfo menyatakan Coursera merupakan sebuah platform edukasi digital atau massive open online course (MOOC) terbesar di dunia, memiliki jumlah pengguna lebih dari 100 juta di seluruh dunia dan bekerja sama dengan lebih dari 3.000 universitas dan 250 mitra industri.

“Coursera menyediakan layanan pembelajaran daring (dalam jaringan) yang mencakup tiga topik antara lain bidang bisnis, bidang teknologi digital, dan bidang data science,” jelasnya.

Dalam laporan tahunan tersebut, Coursera mengukur keterampilan para peserta didik berdasarkan pencapaian di masing–masing negara dan menghasilkan peringkat global.

“Secara spesifik, Indonesia menempati peringkat teratas untuk bidang keterampilan teknologi dan data science, peringkat Indonesia naik 39 level dari periode sebelumnya,” ujar Menteri Johnny.

Atas pencapaian dan prestasi tersebut, Menkominfo menegaskan kembali komitmen Kementerian Kominfo dalam mendorong pengembangan SDM bidang digital nasional atau talenta digital nasional di level kecakapan digital tingkat dasar, tingkat menengah, dan tingkat lanjut.

“Sebagaimana yang saat ini sedang dan akan terus dilakukan. Lebih lanjut, dapat saya sampaikan bahwa Kementerian Kominfo akan terus mendorong lahirnya lebih banyak lagi talenta digital nasional yang mahir di bidang data science, melalui inisiatif 50.000 Data Science Training,” jelasnya.

Menurut Menteri Johnny, inisiatif tersebut bertujuan untuk memfasilitasi pelatihan data science kepada 50 ribu peserta setiap tahunnya.

Semoga saja prestasi Indonesia untuk mencetak SDM yan unggul dalam talenta digital terus meningkat. Kedepannya diharapkan SDM tersebut tidak hanya berperan sebagai pengguna, tapi juga pelaku digital yang aktif memproduksi konten kreatif. Kita bisa meniru langkah Coursera untuk membentuk MOOC lingkup nasional dengan bahasa Indonesia. Banyak universitas maupun institusi dalam negeri yang juga tak kalah dari negara lain. Tentunya ini menjadi aset tersendiri bagi bangsa dengan hadirnya pembelajar asing yang sekaligus belajar bahasa dan kebudaan Indonesia.

Salam Indonesia Maju!

Saya BTS, pegiat literasi, pendukung tagar #WarasBernegara dan #SayaSPARTAN

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/42779/siaran-pers-no-266hmkominfo062022-tentang-indonesia-raih-peringkat-3-global-skills-report-2022-menteri-johnny-kabar-baik-di-bidang-talenta-digital/0/siaran_pers