Buruan Ikut Digiers Day, Ada Bursa Loker Menanti!

Kominfo Gelar Digiers Day, Ada Bursa Loker Menanti!

Ada banyak agenda menarik dari event  Digiers Day yang digelar oleh Kementerian Kominfo ini. Digiers Day akan digelar pada 21 Desember 2022, so, tinggal sehari lagi. Ada apa saja agenda yang dinanti-nantikan para taletn digital alias alumni Digital Talent Scholarship (DTS)? Ini dia, jadi dalam event Digiers Day  ada peluncuran dan pengenalan fitur platform Diploy sebagai job portal dan talent pool. Bagi yang lagi hunting atau nyari loker, ini kesempatan besar, cuy.

Lalu adapula pameran hasil project/ karya dari para peserta DTS 2022 dan talkshow inspiratif terkait perencanaan dan pengembangan karier bagi alumni. Pokoknya acara ini bakalan seru karena ada kejutan-kejutan yang menanti di event ini.

Jadi pihak Kominfo melalui Digital Talent Scholarship snediri turut memfasilitasi penyaluran dan perluasan kesempatan kerja bagi alumni (DTS), baik yang telah lulus pelatihan maupun sertifikasi.

Ini namanya bagian dari support system. Jadi tak hanya sekedar ikut pelatihan demi pelatihan tetapi ada kelanjutannya. Ini penting sehingga pengembangan karir ke depan itu terus disokong dan diperluas.

Dengan event Digiers Day ini nantinya menjadi wadah ntuk mempertemukan para alumni DTS dengan mitra perusahaan dan pemberi kerja yang membutuhkan talenta digital. Kabar baiknya adalah melalui event ini, mitra perusahaan dapat melakukan proses rekrutmen melalui on-the-spot selection baik untuk pemagangan/ penempatan kerja, demikian penjelasan Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo.

Akselerasi Transformasi Digital membutuhkan talenta-talenta digital yang unggul, dengan keahlian mulai dari Big Data Analytics, Cybersecurity, Cloud Computing, Web Developer, Cyber Operations, Data Analyst, Digital Marketing, Graphic Designer, IT Perbankan, IT Project Management, hingga Smart City. 

Dari pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melaksanakan Program Digital Talent Scholarship 2022 secara intens dan masif. Program beasiswa pelatihan intensif itu memfasilitasi lebih dari 200.000 peserta agar memiliki keterampilan bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, Hary Budiarto menyatakan, saat ini, Program DTS 2022 telah melatih 225.187 peserta dengan 55,5% laki-laki dan 44,5% perempuan.

Dengan kompetensi dari talenta digital Indonesia yang terus di-upgrade , ini tentunya akan berdampak positif. Industri teknologi akan dimudahkan dan dibantu untuk merekrut tenaga kerja dalam negeri. Di sisi lain serta kemampuan dari para talenta digital dapat menciptakan lapangan kerja baru. 

Pada tahun 2022 ini, terdapat 8 academi pelatihan, yaitu Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Professional Academy (ProA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA), Government Transformation Academy (GTA), Digital Leadership Academy (DLA), dan Talent Scouting Academy (TSA).

Dalam penyelenggaraan DTS selama ini Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan beberapa pihak, seperti perguruan tinggi, universitas dan politeknik ternama, global technology companies maupun perusahaan lokal serta industri. 

Kerjasama seperti ini menjadi kolaborasi dan sinergi yang baik untuk terus mengembangkan dan memberdayakan talenta-talenta digital Indonesia.