Catatan Emas Indonesia Pada Singapore Open 2022

Indonesia mencatat sejarah dengan menempatkan empat wakilnya pada semifinal gsnda putra turnamen bulutangkis Singapore Open 2022.

Turnamen bulutangkis Singapore Open 2022 yang merupakan turnamen BWF super 500 berlangsung mulai 12 – 17 Juli 2022.

Turnamen yang merupakan bagian dari BWF Tour di Asia Tenggara ini berlangsung setelah turnamen Malaysia Master 2022.

Pada turnamen Singapore Open ini, Indonesia mencatatksn tinta emas dengan menguasai semifinal ganda putra dimana seluruh peserta semifinal adalah pasangan ganda putra Indonesia.

M Ahsan/Hendra Setiawan melaju ke Semifinal setelah mengalahkan MR Arjun/Druv Kapila dari India .
Menurut saya, permainan pasangan India ini sangatlah meningkat dan harus diwaspadai oleh semua lawannya pada pertandingan mendatang.
Kemenangan Ahsan/Hendra lebih karena pengalaman bertanding yang begitu panjang.

Leo Rolly Carnando/Daniel Martin melaju ke semifinal setelah menundukkan He Ji Ting/Zou Hao Dong, pasangan ganda putra asal Tiongkok.
Leo/Daniel kembali menunjukkan tajinya dengan berturut-turut mengalahkan dua pasangan tangguh asal Tiongkok.
Pada babak sebelumnya Leo/Daniel mengalahkan Liang We keng/Wang Chan, pasangan muda tangguh dari Tiongkok.

Sabar Karyaman/M Reza Pahlevi Isfahani melaju setelah mengalahkan pasangan asal Chinese Taipei, Lu Ching Yao /Yang Po Han.
Walaupun secara ranking Sabar/Reza tertinggal jauh dari lawannya tetapi mereka bisa membuktikan bahwa ranking hanyalah angka saja. Dengan permainan yang atraktif dan bertenaga, mereka bisa menundukkan lawannya.

Dan terakhir, pasangan yang sedang on fire, Fajar Alfian/ M Rian Ardianto melaju ke semifinal dengan mengalahkan andalan tuan rumah, He Yong Kai Terry/Loh Kean Hean.

Dominasi ganda putra Indonesia pada perbulutangkisan memang diakui dunia.
Pasangan nomer satu dunia saat ini Kevin Sanjaya Sukamulyo/Markus Fernaldi Gideon, sudah memegang rekor sebagai ganda putra pemegang ranking satu dunia terlama sampai saat ini.

Tetapi ketika di semifinal turnamen super series, seluruh pasangan yang masuk semifinal berasal dari satu negara, baru kali ini terjadi.
Ini adalah sebuah sejarah yang ditorehkan oleh passngan ganda putra Indonesia.

Tentunya ini adalah sebuah prestasi dari pemain serta tim pelatih ganda putra pelatnas PBSI, yang dikomandani oleh Herry Iman Pirngadi.

Selamat untuk Coach Herry IP dan tim.

Selain ganda putra, Indonesia juga menempatkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti pada semifinal ganda putri, serta Anthony Sinisuka Ginting pada semifinal tunggal putra.

Gregoria Mariska Tunjung memang gagal melaju ke semifinal setelah dihadang oleh tunggal putri asal Tiongkok, Wang Shi Yi, tetapi para pecinta bulutangkis Indonesia sangatlah gembira melihat perkembangan permainan Gregoria (Jorji).

Permainan Jorji begitu berkembang baik sehingga saat ini Jorji bisa bersaing dengan pemain tunggal putri level atas dunia.

Jorji yang sekarang tidaklah mudah ditundukkan oleh pemain dunia manapun. Serangan Jorji menjadi lebih bertenaga dan konsep bermain serta kemampuan menutup lapangannyapun berkembang sangat baik.

Kita bisa mengharapkan bahwa kedepan Jorji akan dapat mempersembahkan emas dari turnamen bergengsi yang akan diikuti nya.
Ayo, semangat terus Jorji ..

Anthony S Ginting akan menghadapi andalan tuan rumah yaitu Loh Kean Yew, sang juara dunia.

Kali ini kans Anthony untuk menjuarai turnamen sangatlah besar.
Bila Anthony bisa melewati Loh Kean Yew, menurut saya Anthony akan berhadapan dengan Kodai Naraoka di partai final dan Anthony Sinisuka Ginting akan keluar sebagai juaranya.

Menurut saya pada sektor ganda putri akan terjadi ulangan partai final Malaysia Open 2022 antara Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti melawan Zhang Xu Shian/Zheng Yu.
Semoga bila itu terjadi, Apri/Siti Fadia kembali bisa menang dan keluar sebagai juara Singapore Open 2022.

Fajar Alfian/M Rian Ardianto akan berhadapan dengan Sabar Karyaman/M Reza Pahlevi Isfahani pada semifinal besok, sementara Ahsan/Hendra akan berhadapan dengan Leo Rolly Carnando/Daniel Martin.

Kira kira menurut teman teman, siapakah yang akan menjuarai sektor ganda putra pada turnamen Singapore Open ini?

Tebakan saya, Fajar/Rian dan Leo/Daniel akan bertemu di partai final dan Leo/Daniel akan keluar sebagai juara pada turnamen super series ini.

Indonesia punya peluang untuk meraih tiga gelar juara pada turnamen Singapore Open 2022 ini dengan satu gelar yaitu ganda putra yang sudah pasti ditangan.

Semoga tunggal putra andalan kita Anthony Sinisuka Ginting dan pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti bisa memenuhi harapan kita untuk merebut gelar juara pada turnamen in ni.

Bagaimana menurut teman-teman?

#Warasbernegara
#SalamSpartan.

Sumber:

https://sports.sindonews.com/read/827655/51/hasil-singapore-open-2022-fajarrian-lolos-semifinal-ganda-putra-pastikan-gelar-juara-1657886841