IMPASCA Kupang Ikatan Mahasiswa Yang Kian Eksis ditengah Degradasi Partisipatif Kaum Muda

spartannusantara.id—IMPASCA (Ikatan Mahasiswa Pelajar Sambi Rampas Congkar-Kupang) asal Kecamatan Sambi Rampas dan Kecamatan Congkar Kabupaten Manggarai Timur merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang kian eksis diantara beberapa organisasi mahasiswa yang ada di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Terbukti organisasi ini berhasil menggelar Rapat Umum Anggota (RUA) yang dilaksanakan pada hari Kamis (22/12/2022) bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan Pelayaran Kota Kupang.

Rapat umum anggota sebagai forum tertinggi dalam organisasi serta menjadi plaform refleksi organisasi tergelar selama kurang lebih 20 jam begitu dijunjung tinggi oleh para anggotanya dengan mengikuti helatan sampai selesai hingga melahirkan kepemimpinan yang baru dengan mandataris terpilih Robertus Evlin Akung menggantikan Oswaldus Keviano Putrayunus.

Dengan jumlah anggota sekitar 300 orang merupakan kekuatan yang akan menyokong organsasi ini tetap kuat berdiri ditengah krisis Partisipatif kaum muda terpelajar yang terseret arus globalisasi.

Kaum muda sebagai generasi bangsa patut menjadikan dirinya sebagai motivator dan agen perubahan dilingkungan sosialnya, yang ia mulai dari organisasi-organisasi kepemudaan disekitarnya, namun jika sebaliknya ia akan mengalami kemuduran mental bahkan dirinya akan terkungkung arus jaman.

Substansi inilah yang dipegang IMPASCA hingga saat ini sejak berdirinya pada tahun 1998 yang dirangkai dalam tagline, ” Neki Weki Bantang Cama, Reje Leleng”  yang dikutip dari bahasa daerah Manggarai dengan makna Musyawarah untuk Mencapai Mufakat.

Dalam hidup berorganisasi yang memadukan budaya dan iptek, IMPASCA kini hadir sebagai representasi literasi budaya  Manggarai Timur kian menunjukan jati dirinya sebagai wadah yang melahirkan generasi muda terpelajar yang berkualitas.

Robertus Evlin Akung sebagai ketua terpilih periode 2022/2023 bertekad mempertahankan eksistensi organisasi dan memiliki sensitifitas terhadap permasalahan sosial di Manggarai Timur khususnya Kecamatan Sambi Rampas dan Kecamatan Congkar.

Bravo IMPASCA !

 

Penulis: Simeon Sion