Jobseeker Merapat, Kominfo Buka Lowongan PPPK!

Jobseeker Merapat, Kominfo Buka Lowongan PPPK!

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru-baru ini membuka peluang kerja di berbagai formasi. Lowongan yang tersedia dalam bentuk PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Masyarakat pastinya sudah tahu kalau PPPK agak sedikit berbeda dari CPNS untuk kontrak kerjanya. Dari masa kerja, gaji, tunjangan hingga pensiunan. Namun, adanya PPPK cukup membantu ketersediaan lapangan kerja di tengah banyaknya masyarakat produktif yang berjuang mendapatkan pekerjaan.

Beragam lowongan di pemerintahan kini lebih terbuka dengan adanya sistem PPPK. Baik pemerintah maupun masyarakat sama-sama diuntungkan. Apalagi setelah muncul undang-undang cipta kerja yang melindungi hak karyawab dan juga pengusaha atau pemberi kerja. Diharapkan kedepannya tak ada permasalahan yang muncul dengan adanya undang-undang tersebut.
Untuk informasi lowongan kerja di Kominfo sendiri dapat dilihat di Pengumuman Nomor : 1978/SJ/KP.03.01/12/2022 Tentang Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun Anggaran 2022.

Mengutip keterangan resminya, Jumat (23/12/2022), mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 418 Tahun 2022 Tanggal 7 September 2022 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun Anggaran 2022, dalam hal ini Kementerian Kominfo membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang berminat untuk menjadi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Kominfo. Lantas, formasi apa sajakah yang dibuka dalam penerimaan PPPK Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) 2022? Simak ulasannya!

1. Unit Kerja yang Mendapatkan Alokasi Formasi -Sekretariat Jenderal
-Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika
-Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika
-Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika -Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik
-Inspektorat Jenderal
-Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
-Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI)
-Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI)

2. Formasi Jabatan
a. Penempatan Kementerian Kominfo
-Ahli Pertama – Analis Kebijakan
-Ahli Pertama – Arsiparis
-Ahli Pertama – Pengelola Pengadaan Barang/Jasa
-Ahli Pertama – Pengembang Teknologi Pembelajaran
-Ahli Pertama – Pengendali Frekuensi Radio
-Ahli Pertama – Penguji Perangkat Telekomunikasi
-Ahli Pertama – Pranata Hubungan Masyarakat
-Ahli Pertama – Pranata Komputer
-Asisten Ahli – Dosen
-Lektor – Dosen
-Terampil – Arsiparis

3. Penempatan LPP TVRI
-Ahli Pertama – Teknisi Siaran
-Terampil – Asisten Teknisi Siaran
c. Penempatan LPP RRI
-Ahli Pertama – Analis Kebijakan
-Ahli Pertama – Pranata Hubungan Masyarakat -Ahli Pertama – Pranata Komputer
-Ahli Pertama – Pranata Siaran
-Ahli Pertama – Teknisi Siaran –
Terampil – Asisten Pranata Siaran –
Terampil – Asisten Teknisi Siaran

Semoga saja berita mengenai formasi di Kominfo ini cepat menyebar ke masyarakat agar mereka yang membutuhkan pekerjaan di area tersebut bisa segera melamar. Setiap tahunnya banyak lulusan IT maupun bidang lain yang cukup kompeten untuk mengisi lowongan di pemerintahan. Seperti beasiswa Kominfo yang gaungnya tak sekencang LPDP, lowongan kerja PPPK di Kominfo bisa jadi tak sebegitu dikenal dibanding lowongan kerja di kementrian pendidikan dan lainnya. Makanya berita seperti ini perlu terlu diekspos keluar.

Apalagi saat ini Kominfo mengemban banyak proyek strategis di tengah gempuran era digital. Tak hanya proyek satelit yang harus dirampungkan, tapi juga transisi TV digital, pembangunan menara BTS, pusat data nasional dan banyak lainnya. Untuk itu diperlukan talenta-talenta digital dan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengerjakan itu semua. Diharapkan dengan adanya lowongan formasi PPPK bisa mengisi kekosongan sumber daya di Kominfo.

Waras Bernegara!

Salam Spartan!

Referensi:

https://edukasi.sindonews.com/read/977293/211/penerimaan-pppk-kementerian-komunikasi-dan-informatika-dibuka-simak-deretan-formasi-yang-tersedia-1671783157?_gl=1*u7iwj6*_ga*VTBoT1k5WVc1a0tMSzNOUzdKeGxVMjd1UUJKcmhkalhqblM4OGVpblZwckxsNXcwTzYzeU9LS184RVRFOE9PUA..