Johnny Plate Ajak Swasta Untuk Ikut Mengembangkan Talenta Digital.

Menkominfo Johnny Plate ajak pihak swasta untuk ikut serta menciptakan talenta digital yang handal untuk mengantisipasi kebutuhan dalam masa mendatang.

Dunia digital adalah dunia maya yang sudah nyata menjadi bagian kehidupan masyarakat saat ini.

Sebagaimana sebuah kehidupan maka warna warni persaingan antar individu, golongan bahkan negara, akan berkilauan mewarnai kehidupan digital.

Kalau dulu negara-negara barat menguasai dunia karena teknologi dan senjata maka pada kehidupan digitalpun, kualitas sdm akan menjadi penentu kemenangan suatu bangsa

Pada peresmian  kampus Purwadhika Digital Technology School berlangsung di Nongsa Digital Park, Batam pada Jumat (14/10), Menkominfo Johnny Plate mengatakan :
“Dalam memasuki era industri 4.0, pemerintah Indonesia melalui Kominfo memfokuskan empat hal penting untuk mencapai tujuan tersebut di antaranya legislasi primer undang-undang Perlindungan Data Pribadi (PDP), digital framing dan reframing, infrastruktur ICT yang merata di seluruh wilayah Tanah Air, hingga digital talent yang memadai. Purwadhika Digital Technology School di Batam menjadi wujud komitmen yang baik untuk mendorong transformasi digital di Indonesia. Saya dengan bangga meresmikan Purwadhika Digital Technology School di Nongsa Digital Park. Peresmian ini menjadi momentum kolaborasi di berbagai sektor nasional, regional, dan internasional dalam mewujudkan Indonesia Terkoneksi, Semakin Digital Semakin Maju.”

Group CEO Sinar Mas Land – Michael Widjaja menuturkan, “Kami sangat mengapresiasi langkah Purwadhika Digital Technology School untuk membuka kampus terbarunya di Nongsa Digital Park. Kawasan ini dibangun di Batam sebagai cerminan dari pembangunan Digital Hub BSD City. Kedua proyek tersebut diproyeksikan akan menjadi pusat ekonomi digital terbesar di Indonesia. Kami harap keberadaan kampus ini dapat mengembangkan talenta digital sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait percepatan transformasi digital nasional serta memenuhi kebutuhan sumber daya manusia bagi bisnis Singapura yang menguasai sentra ekonomi digital di Asia Tenggara.”

Presiden Direktur Citramas Group – Mike Wiluan menyampaikan, “Sejak 2019, kami telah berhasil menempatkan ratusan talenta muda ke mancanegara dan menjadikannya sebagai business model yang baru, di mana dari Batam kita bisa mendukung kegiatan usaha di mancanegara. Nongsa Digital Park menargetkan tumbuhnya 10.000 digital talent dalam 5 tahun ke depan. Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, Nongsa Digital Park telah dilengkapi dengan fasilitas perfilman animasi digital dan kini kami menyambut dengan baik kehadiran Purwadhika sebagai pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan vokasi, bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan dan perusahaan teknologi dengan skala internasional.”

Nongsa Digital Park yang merupakan bagian dari Sinarmas Land adalah wujud nyata partisipasi sektor swasta dalam menciptakan digital talent pool.

Dengan adanya pusat pendidikan digital di Nongsa Park, Batam , maka bisa diharapkan dalam beberapa tahun mendatang akan muncul banyak talenta digital di kawasan tersebut yang tentunya akan sangat dibutuhkan di batam dan kawasan sekitarnya

Semoga Sinarmas Land juga bisa memberikan kesempatan kepada talenta dari masyarakat yang kondisi ekonominya kurang baik, untuk bisa juga mendapat kesempatan menikmati pendidikan di tempat tersebut.

Sangatlah tepat kalau Menkominfo Johnny Plate mengajak sektor swasta untuk juga ikut ambil bagian dalam menciptakan talenta digital karena kebutuhan talenta digital akan sangat besar baik sekarang maupun masa mendatang.

Swasta tentunya bisa bergerak dengan lebih lincah karena tidak dibatasi oleh birokrasi seperti pada sektor pemerintah yang terkadang malah jadi penghambat.

Andaikan banyak pihak swasta, utamanya para konglomerat ikut ambil bagian dalam pembangunan sumber daya manusia digital Indonesia, maka besar kemungkinan Indonesia bisa sangat “berbicara” dalam kancah digital dunia.

Sebagai sebuah dunia kehidupan yang masih relatif baru, dunia digital tentunya akan memunculkan banyak kreasi yang mungkin saat ini belum kita prediksi.
Keberadaan talenta digital yang dapat memahami dan mengembangkan peluang dalam dunia digital pastilah sangat diperlukan untuk memajukan banyak bidang.

Dorongan dari Johnny Plate agar pihak swasta ikut terlibat aktif haruslah kita dukung, karena ini akan memberikan bekal bagi masyarakat Indonesia untuk bisa mendapatkan rejeki dalam dunia digital, tidak hanya dari Indonesia saja.

Bagaimana menurut teman-teman?

Salam Spartan, Roedy.

#Warasbernegara.
#SayaSpartan

Sumber :

https://www.kominfo.go.id/content/detail/45038/siaran-pers-no-473hmkominfo102022-tentang-menteri-johnny-ajak-sektor-privat-kolaborasi-kembangkan-talenta-digital/0/siaran_pers

https://www.sinarmasland.com/news/menkominfo-resmikan-purwadhika-digital-technology-school-di-nongsa-digital-park-batam/