Opini  

Johnny Plate Ajak UNCTAD Bahas Tata Kelola Data Global.

Tata Kelola Data Global akan menjadi pondasi pengembangan hubungan antar negara.

Pertama-tama ijinkan saya mengucapkan  Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443H, Mohon maaf lahir dan Batin, bagi teman-teman yang merayakan dan selamat menikmati liburan bagi teman-teman yang tidak merayakan Idul Fitri tapi menikmati liburannya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu membimbing kita semua untuk lebih mencintai bangsa dan negara dengan meningkatkan literasi kebangsaan kita sehingga kita bisa #warasbernegara.

Pada waktu sebelum teknologi telekomunikasi seperti sekarang, momen lebaran adalah momen kerja keras para petugas kantor pos karena menumpuknya kartu lebaran yang harus dikirimkan ke alamat yang dituju.

Saat ini, momen lebaran adalah momen kita melihat buku alamat di Telepon Genggam untuk mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri kepada keluarga dan teman yang merayakan.

Ketika aplikasi Whattapp membatasi hanya lima nomor sekali kirim, maka kita semua harus mengirimkan berkali-kali sesuai dengan jumlah kerabat atau teman yang kita punya.

Teknologi yang berhubungan dengan Internet memang merubah gaya hidup kita semua.

Kemudahan mengirimkan data menjadikan kita semua kadang abai untuk memperhatikan keamanan data termasuk data pribadi kita.

Didunia yang mengalami perkembangan digital yang sangat cepat, lalu lintas data menjadi begitu massive dan tanpa batas.
Padahal data adalah sesuatu yang penting baik untuk perkembangan ilmu pengetahuan maupun perkembangan bisnis.

Johnny Plate selaku Menkominfo sangatlah memahami pentingnya data dikelola sscara baik dam aman.

Ssmua pihak di ssmua negara yang hadir dalam working group G20, diajak berbicara mengenai tata kelola data global .

Pada acara UNCTAD e-commerce week yang diselenggarakan secara virtual, senin (25/4), Johnny Plate juga mengajak UNCTAD untuk menumbuhkan kesadaran global terhadap tata kelola data global.

“Kami berharap pembahasan ini dapat membawa dampak positif, seperti perdagangan internasional yang pesat dan pertumbuhan ekonomi sosial,” kata Johnny Plate.

Hal itu disampaikan Menkominfo Johnny Plate dalam Sesi High Level Dialogue: Towards Digital and Data Governance for All UNCTAD e-Commerce Week.

UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development) memginisiasi Pembahasan data dan digitalisasi untuk pembangunan ekonomi sosial, hal yang sangat diapresiasi oleh Menkominfo Johnny Plate.

Memang, sudah seharusnya badan dunia seperti UNCTAD ini melakukan koordinasi pengelolaan data global, sehingga lalu lintas data global dapat berlangsung aman, cepat dan tidak melamggar ketentuan hukum dari masing-masing negara.
Begitu juga dengan pengembangan sumber daya manusia (talenta digital) dari masing-masing negara.

Badan dunia harus juga memikirkan dan membantu pengembangan talenta digital bagi negara-negara yang masih memerlukan bantuannya.

Indonesia sangatlah beruntung karena Johnny Plate melalui Kemen Kominfo secara rutin memberikan pelatihan literasi digital bahkan memberikan bea siswa bagi anak anak bangs yang ingin belajar dunia digital baik didalam maupun luar negeri.

Kemen Kominfo telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas top dunia dibidang teknologi informasi di beberapa negara.

Peningkatan e-commerce yang terjadi di banyak negara tentunya akan mendorong banyak perubahan di banyak negara.

Aturan maupun gaya hidup masyarakat pastilah akan berubah.
Semua negara sudah harus mempersiapkan diri dengan perubahan yang sedang dan akan terjadi.

Jangan sampai terjadi seperti kasus Bappebti dalam kaitannya dengan robot trading.
Bappebti yang terkesan tidur dan magabut tidak mengantisipasi dan membuat aturan yang jelas serta bisa dilaksanakan

Baru setelah banyak masyarakat dirugikan, Bappebti mengeluarkan jurus sapu jagadnya dengan melarang semuanya beroperasi walaupun kenyataannya ATG masih tetap beroperasi karena berjanji akan mengikuti aturan yang akan dibuat Bappebti.

Sungguh membingungkan dan terkesan pilih kasih.

Rumornya sih karena ada orang kuat dibelakang ATG yang membuat ATG terkesan sakti.

Langkah Johnny Plate untuk menjadikan pengelolaan data global dimasukkan dalam working group di pertemuan G20, serta ajakannya kepada UNCTAD untuk bersama-sama merumuskan tata kelola data global, adalah langkah yang penting dan akan menjadi pondasi bagi era baru perdagangan dunia serta pengembangan ilmu pengetahuan dunia.

Kesenjangan ekonomi ataupun sumber daya manusia akan dapat diperkecil dengan teknologi digital tentunya apabila badan dunia seperti UNCTAD dapat berlaku adil pada semua negara yang dinaunginya.

Yang masih lemah harus mendapat perhatian lebih dibanding yang lainnya.

Apabila tata kelola data global dapat diwujudkan pada era Johnny Plate, ini akan menjadi catatan emas dunia karena sekali lagi tata kelola data global akan menjadi pondasi banyak hal dalam kaitannya hubungan antar negara.

Bagaimana menurut teman-teman?

Salam #waras bernegara, Roedy.

#SayaSpartan.

Sumber :

https://m.jpnn.com/news/menkominfo-johnny-ajak-unctad-kembangkan-tata-kelola-data-global