banner 728x250

Johnny Plate Tekankan Profesionalisme dan Akuntabilitas Saat Lantik Pejabat Baru

banner 120x600
banner 468x60

Johnny Plate Tekankan Profesionalisme dan Akuntabilitas Saat Lantik Pejabat Baru

Dari sekian kementrian yang ada, kominfo salah satu kementrian yang berada di garda terdepan dalam menggerakan perekonomian negeri lewat digitalisasi berbagai sektor. Di zaman modern seperti sekarang, tak bisa dipungkiri peran kominfo menjadi tolak ukur kemajuan bangsa karena transisi telekomunikasi dan digitalisasi sangat berperan saat ini. Untuk itulah Menkominfo harus benar-benar memasukkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengisi pos kementriannya.

banner 325x300

Menkominfo Johnny Plate pada bulan ini tengah melantik beberapa pejabat baru di kementriannya. Total enam Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang resmi dikukuhkan. Para pejabat tersebut didorong untuk terus menjaga profesionalitas dan menjunjung akuntabilitas.

Secara detail, Johnny Plate tengah melantik Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Wayan Toni Supriyanto, Direktur Pos Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika Gunawan Hutagalung, dan Kepala Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Syaharuddin. Sebagai tambahan, Johnny Plate juga melantik Inspektur IV Inspektorat Jenderal Nizam, Inspektur I Inspektorat Jenderal Ivan Santoso, dan Inspektur III Inspektorat Jenderal Fajar Budiantoro. 

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung secara hibrida, dihadiri secara langsung oleh para pejabat yang dilantik dan saksi, serta disaksikan sivitas Kemenkominfo secara daring.

“Pagi ini, kita menyaksikan tour of duty yang dilakukan Kementerian Kominfo. kepada para Pejabat Tinggi Pratama yang kita lakukan pelantikan. Tentu, kita harapkan melalui rotasi dan promosi serta tour of duty agar kita melaksanakan tugas dan fungsi secara baik dan fokus,” ungkap Johnny, dalam Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Ops Room Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Senin (9/1/2023). 

Johnny Plate mengutarakan bahwa promosi, rotasi, serta tour of duty di lingkungan aparatur sipil negara (ASN) merupakan suatu keniscayaan. Dalam birokrasi pemerintahan, kompetensi ASN bisa dibentuk lewat berbagai pengalaman melalui tour of duty, tidak hanya melalui jenjang kepangkatan, pendidikan formal, atau vokasi.

“Itu untuk memungkinkan setiap ASN melaksanakan tugas dan peran yang dilakukan dan dikomandoi oleh birokrasi dapat berjalan secara efisien dan efektif,” ungkapnya. 

Johnny Plate menegaskan bahwa pengalaman di berbagai bidang layanan pemerintah memungkinkan birokrasi pemerintahan berjalan dengan yang baik.

“Gerbong birokrasi perlu bergerak, bergeser, berotasi dan perlu meningkat di samping untuk pengalaman juga tentu promosi bagi ASN itu sendiri,” tandasnya. 

Selain itu, acara pelantikan di lingkungan kominfo juga disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Mira Tayyiba dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Hary Budiarto.

Terakhir hadir juga Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Staf Ahli Menkominfo Widodo Muktiyo, serta Staf Khusus Menkominfo Dedy Permadi dan Rosarita Niken Widiastuti.

Semoga saja ke depan para pejabat baru tersebut bisa membawa amanah Menkominfo dengan baik dan membawa perubahan birokrasi ke arah positif. Kita nantikan gebrakan-gebrakan baru di kominfo kedepannya. Sukses terus untuk Johnny Plate dan para pejabat kominfo lainnya.

Salam Spartan!

Waras Bernegara!

Referensi:

https://investor.id/it-and-telecommunication/318606/menkominfo-dorong-profesionalisme-dan-akuntabilitas

banner 325x300