Kemenkominfo Bersinergi dalam Penggarapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Penggarapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Ikut Digarap Kemenkominfo

Transformasi digital di sektor pemerintah menjadi perhatian serius Presiden Jokowi. Beliau sangat menekankan reformasi birokratik dan layanan digitalisasi yang bisa menjawab kebutuhan di era digital saat ini. Simpel dan praktis serta menjawab kebutuhan masyarakat, itu prinsip dasarnya. Untuk merespon hal itu Kemenkominfo bersama  Kemendagri, BSSN, dan Kemenkeu terus menggeber Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Di dalamnya ada Mal Layanan Publik yang berorientasi untuk pelayanan yang berbasis digital kepada masyarakat.

SPBE sendiri adalah wujud transformasi digital pemerintah yang targetnya adalah peningkatan kualitas pelayanan publik. Sejauh ini sektor layanan publik digital yang sudah dimiliki oleh pemerintah polanya masih terfragmentasi per instansi, per sektor, dan silo based system. Dampaknya  proses input data dilakukan secara berulang-ulang. Masyarakat juga direpotkan dengan banyaknya akun yang harus dibuat untuk login ke layanan publik berbasis digital yang disediakan pemerintah.

Jika SPBE  terwujud maka layanan digital yang terpisah-pisah itu ibaratnya menjadi satu pintu, jadi terpadu dan terintegrasi lewat Portal Nasional Administrasi Pemerintahan dan Portal Nasional Pelayanan Publik alias Mal Pelayanan Publik (MPP) digital. 

Kalau melihat secara fisik sih banyak MPP yang sudah dibangun dan masyarakat bisa memetik manfaat praktisnya. Tapi seturut perkembangan zaman maka model di dunia digital juga harus dibuat dengan sistem yang terpadu dan saling terintegrasi. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menjelaskan untuk mendukung SPBE, Kementerian Kominfo saat ini membangun Pusat Data Nasional (PDN), sistem penghubung layanan pemerintah, dan jaringan intra-pemerintah. 

Bersama kementerian/lembaga terkait Kementerian Kominfo juga melakukan pengembangan dan harmonisasi aplikasi, pengembangan super-apps SPBE dan memanfaatkan big data analytic serta kecerdasan buatan.

Dengan kesiapan Kominfo ini maka lembaga-lembaga lain akan dimudahkan ketika nanti mengintegrasikan data dan menjadi penghubung layanan pemerintah. Kominfo sudah menyiapkan dukungan untuk pengembangan super-apps SPBE yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Ditunggu perkembangan dari SPBE ini selanjutnya!

 

Reyzha

Pegiat Literasi Digital, #WarasBernegara, #SayaSpartan