Keseriusan Pemerintah Melalui Kominfo Mengajak Masyarakat Beralih Ke TV Digital

Saat ini upaya peralihan dari era analog ke TV Digital benar-benar serius digarap Kominfo. Secara bertahap peralihan itu diupayakan secara nasional sehingga efeknya bisa dirasakan oleh seluruh warga.

Pemerintah tidak sendirian, bahkan hingga Komisi 1 DPR, yang biasanya susah untuk maju, mau melakukan percepatan pengadaan ASO (Analog Switch Off). LPS (Lembaga Penyiaran Swasta) berupaya untuk mendukung kesiapan infrastruktur hingga SDM (Sumber Daya Manusia).

Wacana mengenai perubahan dari TV Analog ke TV Digital.sebenarnya sudah didengungkan sejak dulu. Tidak hanya pada saat ini  atau mendadak.

Perubahan dari TV Analog ke aras TV Digital tentunya lebih menekankan sisi positifnya bagi masyarakat. meskipun tidak mungkin tanpa dampak negatif atau kekurangan yang menyertai.

Lalu apa sajakah yang menjadi keuntungan dari layanan TV Digital ini?

Efisiensi jaringan atau bandwith

Efisiensi jaringan tentu akan membuat lebih ekonomis bagi kedua belah pihak. Baik dari sisi user maupun sisi company.  Sisi  masyarakat memiliki banyak pilihan saluran televisi. Mau hiburan, berita, atau apapun tinggal klik, semua tersedia. Sepanjang waktu tanpa perlu menunggu lama.

Pilihan saluran televisi yang ditawarkan pada layanan TV Digital memungkinkan masyarakat untuk memilih lebih banyak saluran televisi. Begitu banyak ragam pilihan menu layanan saluran televisi yang bisa dipilih.

Jaringan yang tersedia itu terbatas. Perkembangan zaman perlu efisiensi, dan televisi digital ini menjadi solusi atas keberadaan dan keterbatasan itu.

Membantu merawat kesehatan mata masyarakat

Aspek kesehatan juga tidak terluput dari keberadaan digitalisasi televisi. Kualitas gambar yang baik sehingga dengan kualitas gambar yang baik ini membantu kesehatan mata masyarakat lebih terjaga. Keberadaan  kesehatan mata menjadi lebih baik.

Lebih banyak  pihak bisa memiliki kesempatan memiliki media televisi

Era TV Digital ini memungkinkan masyarakat luas memiliki media televisi. Harga  sewa saluran yang murah akan lebih mudah dijangkau oleh masyarakat lebih banyak, tidak  terbatas klongkomerasi dan pengusaha kelas kakap.

Keempat hal di atas merupakan keuntungan yang akan diperoleh masyarakat luas terkait pengadaan layanan TV Digital. Perkembangan zaman dan teknologi itu membantu dan memudahkan manusia.

Toh ada dampak negatif yang tidak boleh dilupakan. Manusia bisa menjadi hanya di depan layar saja karena begitu banyak tawaran dan hiburan yang ada. Nah, ini yang harus dijembatani sehingga masyarakat bisa bertindak bijak di antara hiburan dan kewajiban.

Perlu keseimbangan dan tahu mana yang pokok dan mana yang hanya sekadar hal yang sekunder. Toh perkembangan pendidikan dan pengetahuan juga sudah sangat maju.