Kominfo, Kementerian (Paling) Strategis

Sadar atau tidak, diakui atau tidak, Kominfo adalah kementerian paling strategis dan bahkan mungkin paling penting.

Menteri Kominfo

Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi mengadakan reshuffle cabinet. Beberapa menteri diganti. Dan untungnya, Menteri Kominfo tidak ikut diganti. Mengapa untung? Karena memang demikian adanya. Silahkan dibaca terus supaya tidak penasaran.

Seperti biasanya, setiap kali ada pergantian menteri, terjadi kebijakan di seluruh jajarannya. Bahkan sering ada pergantian program kerja. Program kerja yang sedang dilaksanakanpun kadang dihentikan dan diganti dengan program yang baru. Sampai-sampai muncul istilah, ganti menteri ganti program.

Yang paling sering mengalami hal ini adalah para guru di bawah Kementerian Pendidikan Nasional. Dulu, setiap kali ada pergantian menteri, hampir dapat dipastikan selalu ada pergantian kurikulum.

Bakti Kominfo untuk negeri
Satria 1 akan punya 11 Stasiun Bumi

Nah, hal inilah yang memunculkan kekhawatiran saya ketika ada pergantian menteri beberapa hari yang lalu. Ada kekhawatiran jika Menteri Kominfo diganti oleh orang baru. Mengapa saya khawatir?

Kekhawatiran saya memang dilandasi perasaan di atas tadi, ganti menteri ganti kebijakan, ganti program. Apalagi, kementerian Kominfo adalah kementerian paling strategis pada saat ini. Bahkan bisa saya katakan sebagai kementerian paling penting.

Mengapa Kominfo? Apakah yang lain tidak penting?

Saya tidak mengatakan kementerian yang lain tidak penting. Hanya saja, kementerian Kominfo ini menjadi kementerian paling penting, paling strategis. Hal ini berhubungan dengan kedaulatan digital seperti yang pernah saya tuliskan sebelumnya di sini.

Saat ini, jamannya digital. Semuanya serba digital. Siaran TVpun juga mulai dengan siaran digital. Siaran TV ini digital ini membuat siarannya menjadi lebih baik. Suara lebih jernih. Dan lain-lain, dan lain-lain. Dan itu semuanya berada di bawah komando Kominfo.

Jaman sekarang, anak-anak muda banyak yang berkecimpung di dunia maya. Mereka bahkan mendapatkan banyak penghasilan dari dunia maya itu. Dan semua itu juga berada di bawah komando Kominfo, kan?

Banyak ruang digital yang harus diisi oleh tenaga-tenaga terampil di Indonesia. Dengan semakin banyaknya tenaga terampil, ruang digital kita akan banyak diisi oleh tenaga-tenaga muda. Dan lebih dari itu, ruang digital kita akan semakin penuh dan semakin berdaulat secara digital. Tanggung jawab akan hal ini juga berada di bawah komando Kominfo, kan?

Seiring perkembangan jaman, dunia perdagangan juga tidak lagi dibatasi oleh sekat-sekat. Para pedagang tidak harus memiliki lahan untuk berjualan barang. Mereka dapat berjualan di mana saja. Tidak harus di lapak-lapak di pasar. Mereka dapat memiliki lapak di dunia maya di mana mereka dapat memamerkan dagangan mereka secara lengkap. Nah, lapak-lapak ini dapat diadakan oleh Kominfo yang kini sudah mulai bekerja sama dengan UMKM untuk mendukung platform digital UMKM.

Dalam hal dunia perdagangan, selain menjajakan jualan, Kominfo juga dapat menyediakan platform pembayaran secara digital dan terpadu. Kominfo dapat menyediakan satu aplikasi yang dapat dipakai untuk semua transaksi dalam perdagangan. Hal ini masih angan-angan saya, tetapi dapat dimungkinkan dengan pembuatan aturan atau regulasi dalam digitalisasi ekonomi.

Dengannya, Banyak Hal Bisa Dilakukan

Dalam dunia pendidikan, Kominfo bekerja sama dengan Kemendikbud untuk menciptakan platform pembelajaran yang menyenangkan. Bahkan Kominfo menyediakan beasiswa pendidikan untuk agen-agen digital di masa depan.

Dalam bidang pertahanan pun, Kominfo dapat berperan penting. Sistem pertahanan negara ke depannya juga akan menggunakan sistem digital. Nah, satelit Kominfo dapat digunakan untuk mendorong penggunaan digital di bidang pertahanan.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh Kominfo karena semuanya serba digital. Dan karena jamannya serba digital tersebut, peran Kominfo menjadi sangat strategis, menjadi sangat layak untuk ditunggu kelanjutannya. Ada banyak program yang sekarang ini sedang disusun dan direncanakan oleh Menkominfo untuk mewujudkan kedaulatan digital. Untuk mewujudkan tol langit yang dicanangkan Jokowi yang menyatukan seluruh wilayah di Indonesia.

Kita dukung skuy….

 

Salam sehat Indonesia

 

Nugraha, pegiat literasi digital dan pendukung tol langit Jokowi, juga pendukung #WarasBernegara

 

#SayaSPARTAN

 

Sumber:

https://kominfo.go.id/content/detail/42089/siaran-pers-no-216hmkominfo052022-tentang-kembangkan-ekonomi-digital-menkominfo-tunjukkan-dukungan-ke-platform-digital-dan-umkm/0/siaran_pers

https://aptika.kominfo.go.id/2021/12/kemkominfo-dan-kemendikbudristek-ciptakan-pembelajaran-menyenangkan-di-pelosok-ri/

https://www.spartannusantara.id/kominfo-dan-kedaulatan-digital-indonesia/