Manasik Haji Kab Kediri Berjalan Lancar

Terpantau di lokasi penyelenggaraan, jamaah haji semuanya menaati protokol kesehatan.

Manasik Haji
H. Musyadad, saat ditemui di lokasi penyelenggaraan manasik haji Kabupaten Kediri

[Kediri – SpartanNusantara.id]. Kegiatan manasik haji tahun ini untuk Kabupaten Kediri terpantau lancar. Acara yang melibatkan ribuan jamaah ini dilangsungkan di kantor Kemenag Kab Kediri.

Ditemui di  lokasi penyelenggaraan, Kasubag TU Kemenag Kab Kediri, Drs. H. Musyadad, MM menuturkan bahwa penyelenggaraan manasik haji ini merupakan pertama kali sejak pandemi. Maka di masa endemi ini, penyelenggaraan tetap dilangsungkan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Selain itu, dari penyelenggaraan ini, jamaah diharapkan bisa nyaman dan bisa mendapatkan ilmu manasik yang disampaikan oleh para narasumber.

“Yang diharapkan dari kegiatan ini adalah bisa berlangsung aman, lancar dan berjalan dengan baik dalam artian jamaah hajinya berhasil mendapatkan ilmu manasik yang disampaikan oleh para narasumber. Karena itu selaku penyelenggara, panitia sudah maksimal mempersiapkan segala sesuatunya demi kepentingan peserta”, tuturnya sebagaimana bisa disimak dalam video berikut ini.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Kemenag Kab Kediri, H. Zuhri, S. Ag., M.Si menekankan agar dari penyelenggaraan manasik haji ini berhasil membuat para jamaah dibekali dengan baik agar berangkat dengan selamat ke Tanah Suci, balik juga selamat.

Terpantau pula para jamaah yang sebagian besar merupakan jamaah wanita mengikuti acara ini dengan antusias. Salah satunya Ibu H. Kasiatun, 62. Menurut nenek dari 7 cucu ini, dia sangat berterima kasih dengan Kemenag Kab Kediri yang berkenan menyelenggarakan manasik.

“Saya amat berterima kasih karena Kemenag berkenan menyelenggarakan kegiatan ini. Berhubung ini adalah kegiatan pertama sejak wabah Covid, tentu banyak hal menjadi tantangan jamaah ke tanah suci. Untungnya, Kemenag Kediri berkenan menyelenggarakan manasik hari ini dengan baik. Terima kasih banyak terutama untuk Kepala Kemenag Kab Kediri dan Seksi Haji serta seluruh jajarannya dan tak lupa panitia penyelenggaraan manasik hari ini dari dinas kesehatan Kab Kediri”, tuturnya.

Untuk diketahui, tahun ini Arab Saudi kembali membuka pintu bagi para jamaah dari seluruh dunia untuk menunaikan ibadah haji. Indonesia menyambut kesempatan ini dengan mengirimkan jamaahnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.(*)