Mengenal Anjing Kerja KNPV

Seekor anjing jantan muda menjatuhkan decoy dalam sesi ujian setelah menghantamnya dengan keras. (foto: Hans Pegge/Facebook)

Apa Itu KNPV?

KNPV merupakan singkatan dari Koninklijke Nederlandse Politiehond Vereniging,
yang dalam bahasa Indonesia berarti asosiasi anjing polisi Kerajaan Belanda. Asosiasi ini ialah wadah bagi para pemilik dan pelatih anjing kerja yang ingin mengikuti sertifikasi anjing kerja lewat ujian resmi organisasi (1) dan atau berkompetisi dengan sesama pelatih anjing kerja anggota KNPV.

Walaupun menghasilkan anjing-anjing yang memiliki kemampuan dasar yang baik untuk kerja-kerja kepolisian atau militer, asosiasi ini dikelola oleh masyarakat sipil yang mempunyai minat di dalam pelatihan anjing kerja. Ketika anjing-anjing yang dilatih tersebut sudah memiliki titel KNPV, para pemilik anjing akan menjual Sebagian anjingnya kepada pihak kepolisian atau militer untuk dilatih kembali di instansi terkait dengan materi pelatihan yang lebih spesifik. Jadi, anjing-anjing yang dibeli oleh kepolisian atau militer tersebut adalah anjing-anjing yang sudah memiliki fondasi yang kuat di dalam 3 (tiga) aspek yang dinilai dalam ujian KNPV, yaitu kepatuhan (obedience), pelacakan (tracking), dan proteksi (protection).

Gigitan anjing KNPV pada bagian trisep dari seorang decoy. (foto: Facebook KNPV)

Berdasarkan informasi di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa telah terjadi simbiosis mutualisme di antara asosiasi KNPV dan instansi kepolisian/militer, di mana asosiasi KNPV menyediakan anjing-anjing yang sudah memiliki fondasi baik dalam kemampuan kerja sehingga instansi kepolisian/militer  dimudahkan dalam mencari anjing-anjing yang sesuai untuk dilatih kembali secara spesifik sesuai keperluan instansi mereka, mengingat proses seleksi dan pelatihan dasar anjing kerja adalah pekerjaan yang tidak mudah serta memakan waktu dan biaya.

Apa Itu Anjing Kerja KNPV?

Anjing kerja KNPV adalah anjing yang memiliki titel yang diperoleh lewat ujian yang diselenggarakan secara resmi oleh organisasi KNPV di Belanda. Mayoritas anjing yang dilatih untuk mengikuti ujian KNPV adalah xmalinois dan xdutch shepherd (2). Sisanya berjenis malinois dan anjing gembala Jerman yang memiliki surat silsilah FCI (Federation Cynologique Internationale) (3).

Sebagian dari anjing-anjing terserbut kemudian dijual kepada instansi kepolisian dan militer untuk dilatih kembali sesuai dengan fungsi dan tugasnya secara spesifik sebagai anjing polisi dan militer.

Apa Saja Bidang Kerja Anjing KNPV?

Anijng-anjing KNPV memiliki kemampuan kerja yang baik yang diperoleh lewat
latihan dan ujian ketat yang diselenggarakan oleh asosiasi KNPV. Secara umum, anjing-anjing tersebut terlatih dalam 3 aspek, yaitu kepatuhan, pelacakan, dan proteksi.

Anjing KNPV bernama Ody menghantam decoy dengan begitu kerasnya pada sesi stok stellen (stick attack). (foto: Rinaldo Verhoeven/Facebook)

Di instansi kepolisian dan militer, anjing-anjing KNPV bekerja sesuai dengan pelatihan spesifik dari instansi terkait, namun tidak terlepas dari tiga aspek yang menjadi fondasi anijng kerja tersebut.

Bagaimana Kerja Anjing KNPV?

Secara umum, anjing-anjing KNPV yang telah memiliki titel PH1 mampu menjalankan dua fungsi anjing kerja (dual purpose dog), yaitu sebagai anjing pelacak (detection dog) dan anjing patroli (patrol dog). Ketika seekor anjing mampu untuk menjalankan dua fungsi sekaligus dalam waktu bersamaan, maka akan ada penghematan dari instansi yang bekerja menggunakan anjing kerja. Instansi tersebut tidak lagi membutuhkan
dua anjing berbeda untuk dua jenis pekerjaan yang berbeda.

Namun demikian, ada pula anjing-anjing bergaris darah KNPV yang hanya dilatih untuk menjalankan satu pekerjaan saja (single purpose dog), yaitu sebagai anjing pelacak (detection dog).

Di mana Saja Anjing Kerja KNPV Berada?

Selama puluhan tahun, anjing KNPV telah menjadi pilihan berbagai kesatuan kepolisian dan militer di banyak negara-negara. Amerika Serikat menjadi negara dengan jumlah anjing KNPV terbanyak. Anjing-anjing KNPV mampu bekerja dengan standar tinggi di bawah tekanan yang keras, oleh karena itu mereka menjadi pilihan utama untuk kerja-kerja kepolisian dan militer di seluruh dunia.

Pelatihan gigitan dengan skenario kehidupan nyata di sebuah bar di Belanda tahun 1983 (foto: Facebook KNPV)

Pasar terbesar untuk anjing-anjing KNPV maupun anjing-anjing yang bergaris darah KNPV (xmalinois dan xdutch shepherd) adalah Amerika Serikat, negara adidaya yang mempekerjakan anjing-anjing kerja kualitas terbaik. Saya dapat menunjukkan kepada anda lembaga-lembaga pelatihan anjing kerja dengan reputasi prima di Amerika Serikat yang melatih anjing-anjing KNPV dan atau anjing-anjing bergaris darah KNPV.

Mengapa Anjing Kerja KNPV Menjadi Pilihan?

Selama lebih dari 100 tahun, organisasi KNPV telah terbukti menghasilkan banyak anjing kerja berkualitas yang dilatih dan diuji dengan standar tertinggi. Anjing-anjing KNPV menjadi pilihan utama karena memiliki garis darah kerja yang kuat dan kemampuan kerja yang sangat baik, sehingga menjadi pilihan utama instansi kepolisian, militer, dan lembaga jasa pengamanan di banyak negara.

Salah satu aspek yang menjadi kekuatan anjing KNPV adalah kemampuan natural untuk bekerja di bawah tekanan keras dan atau bekerja tanpa kehadiran pawang (handler). Seekor anjing KNPV, dalam situasi-situasi tertentu, diharuskan untuk dapat bekerja di lapangan secara individual tanpa perintah, misalnya ketika anjing tersebut harus mencari target di tengah hutan, kota, atau lingkungan spesifik lainnya.

Big Roy, juara KNPV PH1 tahun 2013, berhasil mendapatkan artikel dalam sesi pelacakan dan memberikannya pada handlernya. (foto: Hans Pegge/Facebook)

Seekor anjing harus mengerti akan tugasnya dan dapat berpikir secara mandiri, serta membuat keputusan yang tepat untuk mengeksekusi misinya. Anjing-anjing KNPV diseleksi dan dilatih untuk melakukan pekerjaan ini.

Proses Seleksi Anjing Kerja KNPV

Anjing KNPV yang berkualitas tinggi tidak mudah untuk didapatkan. Sudah menjadi hal yang umum bahwa seekor anjing sudah terjual bahkan sebelum anjing tersebut
mendapatkan titel KNPV. Permintaan anjing KNPV dari berbagai instansi, khususnya kepolisian, militer, dan penyedia jasa anjing sangat tinggi, khususnya dari pasar terbesar anjing kerja, yaitu Amerika Serikat.

Hal-hal yang penting untuk dimiliki ketika melakukan proses pencarian anjing kerja yang ideal adalah pengetahuan mengenai bloodline (garis darah), kemampuan untuk melakukan assesment terhadap kemampuan kerja anjing, dan akses kepada pelatih/kompetitor KNPV yang mempunyai reputasi tinggi, jujur, serta dapat dipercaya. (*)

 

Louis, pengamat anjing kerja, pemerhati flora dan fauna, pencinta seni dan budaya, pendukung tagar #WarasBernegara, #SayaSPARTAN

____________

(1) Terdapat beberapa macam titel yang bisa diperoleh lewat ujian KNPV, yaitu BSH (Basic Surveillancehond), PH 1 (Politiehond 1), PH 2 (Politiehond 2), Obj (Objectbewakingshond), Toetsing Objectbewakingshond, dan SPH (Speurhonden).

(2) Xmalinois dan xdutch shepherd adalah anjing-anjing hibrid dari ras malinois (salah satu dari empat varietas anjing gembala belgia) , dutch shepherd (anjing gembala belanda), dan german shepherd (anjing gembala jerman) yang selama ratusan tahun dibiakkan untuk keperluan rutinitas KNPV.

(3) Organisasi anjing ras internasional yang berbasis di Thuin, Belgia.