Wow! Selebgram Hingga Artis Papan Atas dapat Undangan ke Bali dari Kominfo

Wow! Selebgram Hingga Artis Papan Atas dapat Undangan ke Bali dari Kominfo

Kementrian kominfo saat ini rupanya berkomitmen kuat untuk mengangkat nama Indonesia di kancah global. Lewat momen G20, budaya dan kearifan lokal juga ikut diangkat termasuk pegiat hiburan dan media sosial. Tak hanya mengajukan wakil Indonesia di ajang radio internasional, tapi kini sejumlah artis lokal juga diikutkan untuk mengedukasi para pemimpin dunia.

Sejumlah isu penting dikemas dengan menggandeng para artis dan influencer dengan harapan pesannya bisa diterima oleh semua kalangan. Kreativitas kominfo kali ini patut diacungi jempol karena pemerintah biasanya dianggap pembuat kebijakan yang kaku. Dengan adanya artis dan selebgram yang ikut serta, diharapkan pesan pemerintah bisa lebih diterima. Seperti halnya momen awal corona di mana pengumuman yang biasanya dilakukan perwakilan kemenkes akhirnya digantikan dengan seorang dokter cantik yang akhirnya membawa semangat positif ke masyarakat.

Sebelumnya diberitakan kalau sejumlah influencer yang terdiri dari selebgram, youtuber hingga tiktokers berkumpul di Nusa Dua, Kuta Selatan, Bali pada Rabu (26/10/2022) sore.

Mereka digandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mempromosikan dan mengedukasi terkait isu-isu prioritas pada pertemuan puncak pemimpin dunia, KTT G20 di Bali pada tanggal 15-16 November 2022 mendatang.

Dimana nantinya tema yang dibahas yakni arsitektur kesehatan global, transformasi digital dan transisi energi berkelanjutan. “Kehadiran para influencer diharapkan dapat membuat masyarakat lebih memahami dan mendukung penyelenggaraan G20,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Usman Kansong.

Tak hanya influencer, sejumlah artis ternama juga hadir dalam kegiatan itu. Sebut saja
model sekaligus aktris Dominique Diyose. Dalam kegiatan itu dia membahas isu transisi energi berkelanjutan. “Penggunaan energi bersih harus semakin disadari dan dijalankan mengingat usia bumi yang kian menua, ancaman pemanasan global serta tanggung jawab kita untuk mewariskan bumi yang sehat bagi generasi selanjutnya,” kata Dominique.

Usaha Dominique menjaga bumi dimulai dengan membatasi pembelian pakaian baru dan memilih pakaian dengan bahan ramah lingkungan. Bersama beberapa aktivis di Ubud, Dominique juga membuat gerakan Bali Swap, di mana anggotanya bisa bertukar baju layak pakai untuk mengurangi pembelian baju baru dan mengurangi limbah fashion.

Selain dia ada sejumlah artis lainnya. Seperti  Ayudia Bing Slamet, Ditto Percussion, Lia Waode, Petra Sihombing, Aquilla Firrina, Putu Bulan, Ni Made Westny Dwijayanti, Harival Zayuka, Anneke Jodi, Rhesa Putri, dan Dilla Amran dari Kantor Staf Presiden Republik Indonesia.

Semoga saja pengaruh yang dibawa oleh para artis dan selebgram ini bisa membawa dampak positif ke depannya. Dengan banyaknya pengikut yang mereka miliki, diharapkan pesan baiknya akan sampai ke mancanegara. Para pimpinan negara lain tentunya akan membaca itikad baik dari pemerintah kita dalam mengikutsertakan para pegiat industri hiburan dan media sosial. Artinya kita benar-benar mengangkat isu-isu sensitif tersebut.

Kedepannya masalah energi terbarukan, digitalisasi teknologi dan sebagainya akan menjadi hal yang lebih serius lagi untuk dibicarakan. Sangat baik bagi Indonesia dalam mencatatkan namanya sebagai salah satu negara pertama yang mengambil inisiatif baik tersebut. Semoga pemerintah kita, terutama Kominfo tak lelah menyuarakan kebaikan meski berbagai komentar negatif dan serangan terus berdatangan.

Waras bernegara!

Salam Spartan!

Referensi:

https://denpasar.suara.com/read/2022/10/26/221625/selebgram-hingga-artis-terkenal-diundang-ke-bali-oleh-kominfo-ada-apa